Di Indonesia, Anda dihadapkan dengan banyak varietas atap berbeda yang semuanya diklaim luar biasa. Di antara beberapa opsi ini ada yang disebut dengan atap GFRP. Anda mungkin pernah mendengar tentang ini sebelumnya, tetapi mungkin Anda tidak tahu apa atap ini dan manfaatnya. Karena itu, kami telah menulis blog yang membahas tentang atap GFRP untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentangnya.

Apa itu atap fiber GFRP?

atap fiber

Glass fibre-reinforced plastic (GFRP) adalah bahan konstruksi atap serta merupakan atap yang canggih dan modern. Ini adalah polimer yang diperkuat serat yang diproduksi dengan menggabungkan matriks plastik yang diperkuat oleh serat kaca halus.

Keuntungan atap fiber GFRP

Memberikan solusi yang kuat dan ringan, sistem GFRP menggunakan kombinasi resin dan fiber glass, yang memberikan sifat tahan cuaca yang sangat baik. Selain itu, keuntungan GFRP ini sangatlah signifikan dengan sifatnya yang ringan, kekuatannya yang baik, kualitas perawatannya yang rendah, kemungkinan isolasi terintegrasi untuk mengurangi kehilangan panas, ditambah kecepatan penanganan dan pemasangannya yang membantu mengurangi biaya. Atap ‘laminasi’ ini juga non-korosif, non-konduktif, tahan cuaca, serta hadir dalam berbagai sentuhan akhir, tekstur permukaan, rentang warna, dan bentuk.

Manfaat dari menggunakan atap GFRP

Karena sifatnya yang tipis, ringan, mudah dipasang, berbiaya rendah, dan anti korosi, GFRP telah menjadi pesaing logam dan kaca tradisional sebagai bahan atap. Dan sejak diperkenalkan di pasaran, atap GFRP secara bertahap disambut oleh orang-orang. Orang-orang memasangnya di gedung mereka, seperti skylight, rumah kaca, rumah pertanian, halaman, gudang, atap pabrik, tempat olahraga, penutup dinding, pekarangan, lumbung, dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa manfaat dari menggunakan atap GFRP.

  1. Rentang Hidup Lebih Lama

Atap fiberglass memiliki ketahanan penuaan yang sangat baik. Permukaan luar atap fiber GFRP tahan korosi dilapisi dengan lapisan ganda yang dilapisi dengan film PE anti-ultraviolet dan anti-penuaan. Permukaan bagian dalam mengadopsi resin dan fiber glass tak jenuh khusus yang tahan korosi. Masa pakai atap GFRP bisa mencapai 15 tahun atau lebih.

  1. Tahan Cuaca

GFRP adalah jenis baru dari bahan komposit FRP (glass fiber reinforced plastic). Di bawah suhu dan kondisi lingkungan tertentu, ini berfungsi melindungi bangunan dan peralatan dari kerusakan korosi dalam jangka waktu tertentu. Ini dapat menahan lingkungan yang parah dan keras, seperti korosi, pembusukan, kelembaban, asam, alkali, garam, tepi laut, suhu tinggi, pelarut, mikroorganisme.

  1. Harga Atap Terjangkau

Alasan atap GFRP mendapatkan popularitas adalah karena biaya fiberglass jauh lebih murah daripada bahan atap lainnya seperti panel PC, yang terjangkau untuk dibeli orang. Perlu dicatat bahwa harga atap GFRP berbeda tergantung pada desain, kekuatan, dan warna produk.

  1. Mengurangi Biaya

Dapat memberikan pencahayaan alami yang cukup. Fiberglass memberikan solusi atap yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan di gedung; sangat mengurangi jumlah pencahayaan buatan dan listrik yang dibutuhkan untuk menerangi interior bangunan.

  1. Ringan

Produk ini jauh lebih ringan daripada bahan atap lainnya, seperti aspal atau logam, yang berarti lebih mudah dan lebih cepat untuk dipasang dan tidak terlalu sulit untuk dibangun. Anda membutuhkan lebih sedikit waktu, uang, dan energi. Selain itu, lebih mudah untuk membongkar dan mengganti panel yang rusak jika perlu.

  1. Resistensi Terhadap Tekanan

Itu bisa tahan pengeboran, pukulan, potongan, dan gergaji. Karena tahan benturan yang kuat, ia dapat kembali ke bentuk aslinya setelah beban berat.

  1. Dekoratif

Atap fiber GFRP indah dan cerah. Atap tahan korosi GFRP ini dapat hadir dalam berbagai warna untuk memenuhi kebutuhan yang dipersonalisasi. Karena bahan berkualitas tinggi, mereka dapat mempertahankan cerah dan warnanya selama bertahun-tahun, yang meningkatkan keindahan atap. Selain itu, transmisi cahaya GFRP dapat menggantikan pencahayaan di siang hari, dan cahaya yang dihasilkan lembut dan cerah tanpa pusing.

  1. Ramah lingkungan

Fiber transparan untuk atap memiliki ketahanan terhadap lingkungan yang sangat korosif, seperti asam, alkali, air laut, dan banyak cairan kimia. Atap fiber GFRP memiliki keunggulan tidak beracun, tidak berbau, tidak ada polusi sekunder terhadap air. Oleh karena itu, atap GFRP tahan bahan kimia.

  1. Tahan Panas dan Dingin

Pada suhu negatif 30 derajat Celcius, atap GFRP masih memiliki ketangguhan yang baik dan kekuatan yang sangat tinggi, dan masih dapat digunakan antara –50oC dan –80oC untuk waktu yang lama. Atap fiber GFRP mengadopsi resin dengan formula khusus, yang juga dapat digunakan pada suhu tinggi di atas 110oC. Oleh karena itu, atap GFRP insulasi panas banyak digunakan.

  1. Biaya Pemeliharaan Rendah

Karena tahan panas dan dingin, anti korosi, tahan cuaca, tahan benturan dan tahan polusi, Anda tidak perlu mengambil tindakan untuk sering merawat bangunan. Biaya perawatan dapat dihemat lebih dari 70%.

  1. Kustomisasi

Berbagai ukuran, warna, pola, dan desain atap fiber GFRP tersedia selama proses pembuatan. Atap unik dengan pola yang disesuaikan dapat dibuat untuk memenuhi estetika bangunan Anda, membuat area Anda menonjol.

Penerapan Atap GFRP

  • Pabrik: dilindungi dengan memasang atap GFRP.
  • Kolam Renang: ditutupi dengan atap GFRP karena memungkinkan cahaya melewatinya.
  • Gudang
  • Kebun
  • Teras

Berapa harga lembaran atap GFRP?

Atap GFRP tersedia dalam harga yang beragam. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga atap GFRP adalah

  1. Ketebalan & dimensi atap.
  2. Kualitas & merek atap GFRP.
  3. Pola atap GFRP, desain, dan model yang diproduksi.
  4. Jenis fiber dan polimer yang digunakan.

Itulah pembahasan tentang atap fiber GFRP untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentangnya. Nah, bagi Anda sedang mencari produk berkualitas, Anda bisa memperolehnya melalui GAJA Fiberglass.

GAJA Fiberglass

Sejak tahun 1995, GAJA Fiberglass memulai Bisnis FRP, melayani pasar perumahan, dan sekarang kami melayani pasar dunia dengan mengekspor produk kami secara rutin ke Australia, Jepang, Korea, dan UEA. GAJA Fiberglass adalah one-stop service Anda untuk produk FRP karena kami melakukan rekayasa dan manufaktur oleh tim kami yang terampil dan professional. Sebagai seorang insinyur, desain produk kami selalu mengacu pada standar internasional. GAJA Fiberglass juga bersertifikat ISO, ISO: 9001, ISO: 14001, dan ISO: 18001. Produk kami adalah: FRP tank, Tangki Panel FRP, FRP Pipe, Atap dan Skylight FRP, Lining FRP, dan FRP Grating, dan Produk FRP kustom.

Dura LITE® – GFRP Sky Light Roof

Dura LITE® adalah atap sky light GFRP (Glass Reinforced Plastic) berkualitas tinggi, diproduksi oleh Continuous Laminating dalam sistem pengeringan otomatis & oven. Dura LITE® dibuat dengan resin tahan sinar UV khusus dan pada permukaan atasnya dilapisi oleh UV PE Film untuk meningkatkan masa pakai dan perlindungan UV.

Keunggulan Dura LITE® GFRP Sky Light Roof

  • Tahan UV yang Sangat Baik (Dilindungi oleh Lapisan Film PE)
  • Produksi Kapasitas Tinggi (2000M2/hari)
  • Diproduksi oleh Sistem Laminating Berkelanjutan Teknologi Canggih.
  • Profil Khusus Tersedia
  • Panjang Ekstra hingga 14 Meter/lembar
  • Properti Penerangan Jangka Panjang yang Unggul
  • Bahan Tahan Korosi
  • Garansi 10 & 15 Tahun

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk atap fiber dari GAJA Fiberglass, bisa Anda peroleh melalui https://www.gajafiberglass.com/product/sky-light-frp-roof-cladding/.